Promo Header

Google Matikan Map Maker


Google Maps tak akan selengkap saat ini jika Google tak membuat Map Maker pada 2008 lalu. Namun fitur tersebut kini resmi dimatikan, tepatnya pada 31 Maret lalu.

Map Maker awalnya digunakan untuk melengkapi lokasi-lokasi di Maps seperti jalan, jembatan dan lainnya berdasarkan data dari pengguna. Tanpa fitur itu, mungkin Maps tak akan selengkap saat ini.

Namun Google akhirnya mematikan fitur tersebut, dan itu bukan tanpa alasan. Alasan utamanya adalah fitur itu kini terintegrasi dengan Maps, di mana pengguna bisa menambahkan informasi ke dalam sebuah lokasi di Maps.

Alasan lainnya adalah moderasi, di mana seringkali informasi yang ditambahkan melalui Map Maker sulit dikontrol oleh Google. Alhasil banyak peta-peta fiktif yang muncul ke publik.

Salah satunya adalah ketika peta dengan bentuk logo Android sedang mengencingi logo Apple muncul di negara Pakistan, tepatnya di kota Rawalpindi. Kejadian ini sempat membuat Google mematikan fitur tersebut selama beberapa bulan, meski akhirnya dinyalakan kembali.

Saat itu Google berkilah mereka tak mempunyai sumber daya yang cukup untuk memoderasi peta-peta yang diunggah oleh para pengguna, demikian dikutip blog tekno informasi dari 9to5Google.
Google Matikan Map Maker Google Matikan Map Maker Reviewed by Unknown on April 21, 2017 Rating: 5