Promo Header

Teknologi WEBINAR yang Tak Terhalang Jarak

Teknologi Webinar Kekinian
Menjalankan bisnis secara online sudah bukan hal istimewa lagi. Fasilitas internet menjadi kebutuhan pokok yang tak bisa ditawar keberadaannya. Perkembangan industrinya pun sudah menghasilkan cara-cara baru beraktifitas bisnis, salah satunya adalah penggunaan teknologi seminar online yang lebih dikenal dengan nama teknologi webinar (web base seminar).
Teknologi webinar dapat dijelasakan dengan sederhana sebagai sebuah teknologi yang memungkinkan manusia untuk mengadakan sebuah seminar dalam sebuah kelompok tanpa harus bertatap muka satu sama lain. Semua proses dijalankan lewat internet yang mengabaikan batasan-batasan jarak. Antar kota, antar pulau, bahkan antar benua.
Dalam menjalankan teknologi seminar online ini, tak jauh beda dengan kegiatan seminar offline, yaitu membutuhkan ruang khusus. Hanya bedanya ruangan yang biasanya digunakan sebagai ruang pertemuan, dirubah menjadi ruangan penuh sarana digital pendukung webinar
Dari software, peralatan audio-video, hingga internet yang stabil dan berkecepatan tinggi tentunya. Jadi pada prinsipnya dalam webinar sendiri yang dibutuhkan hanya dua hal pokok yakni koneksi internet dan perangkat komputer yang mendukung, dan tentunya juga tambahan-tambahan peralatan pendukung seperti proyektor, microphone, hingga speaker.
Banyak yang membayangkan bahwa penggunaan teknologi webinar ini seperti menonton video streaming. Memang hampir mirip, hanya saja bedanya dalam seminar online ini semua berjalan secara langsung atau live. Antara satu nara sumber penyelenggara seminar dengan beberapa peserta yang sebelumnya harus melakukan registrasi untuk masuk dalam ruang webinar yang diminati.
Lalu apa kelebihan dan juga kekurangan teknologi webinar ini? Jelas, bahwa minimnya penggunaa tempat adalah yang utama. Karena bisa dilakukan secara individu maupun kelompok dari berbagai tempat berbeda. Ini juga akan berpengaruh ke faktor biaya yang relatif menjadi lebih kecil dibanding offline seminar. Hanya saja jika koneksi internet dari penyelenggara maupun peserta tidak mendukung, pastinya live streaming akan sangat terganggu. Dan dalam webinar ini memang perlu upaya lebih untuk menjalin hubungan komunikasi yang ideal dengan para pesertanya.
Tapi dari adanya kelebihan dan kekurangan itu, setidaknya teknologi webinar dapat menjadi solusi alternatif di era digital ini. Dimana setiap orang punya harapan dapat terhubung dan berkomunikasi tanpa ada batasan jarak dan waktu di antara kesibukan dan kesehariannya.
Teknologi WEBINAR yang Tak Terhalang Jarak Teknologi WEBINAR yang Tak Terhalang Jarak Reviewed by Content Writer on March 29, 2018 Rating: 5